Berprasangka adalah salah satu sifat umum manusia, prasangka itu sendiri bisa berprasangka baik maupun prasangka buruk. Adanya konflik yang berkepanjangan itu dikarenakan prasangka negatif terhadap masalah yang dilalui itu begitu besar. Beberapa orang menyapaikan prasangkanya langsung pada sosok yang dianggap dapat dipercaya denga kata lain “TEMAN CURHAT”.

Salah satu yang mengakibatkan tidak adanya penyelesaian dalam berprasangka itu sendiri, adalah tidak ingin melakukan penilaian terhadap diri pribadi yang terkadang dapat menjadi penimbul masalah itu sendiri.

Dalam berprasangka hendaknya mengetahui salah diri sendiri terlebih dahulu, jangan langsung memberikan ketetapan terhadap penyebab permasalahan itu. Coba untuk memberikan kesan masalah itu bukan disebabkan oleh hl yang begitu rumit.

Dalam islam, ada hadits yang menyangkut tentang prasangaka seperti:

Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah oleh kalian kebanyakan dari persangkaan (zhan) karena sesungguhnya sebagian dari persangkaan itu merupakan dosa.” (Al-Hujurat: 12)

Dan sesungguhnya, berprasangka buruk akan mengakibatkan permasalahan yang akan diselesaikan akan semakin rumit.

Berikut ini beberapa saran saya bagi orang-orang yang terkadang suka berprasangka buruk:

1. Berdzikirlah, karna dengan dzikir anda terus menyebut namaNya, MengagunggkanNya. Dengan itu akan mendekatkan diri anda pada sang khaliq, dan sadar akan dosa-dosa jika prasangka buruk itu ada.

2. Yakinlah bahwa dengan berprasangka buruk itu bukan memerikan kebaikan buat diri anda. Ingat, Hidup sangat berhubungan dengan yang namanya DOSA. Selama anda masih hidup, takkan mungkin anda bersih dari DOSA. tujuan hidup adalah meminimalisir dosa2 yang ada, dan menambah amal yang musti and cari. demi bagi kebaikan dunia dan akhirat.

3. Setiap permasalahan yang anda lalui, jangan berdasarkan dengan emosi. Tapi logika, jangan perhatikan perasaan pribadi anda. Terkadang dalam suatu permasalahan seseorang tak ingin mengakui, malu akan kesalahan itu sendiri dan meninggikan Gengsi.

4. Slalu hadirkan senyum, tawa dan canda. karena terbukti dengan hal tersebut semua pemikiran akan menjadi positive dan memberikan rileksasi pada otak.,.,