Nama lengkap                               : Beny Setiawan
NIM / tahun masuk                     : 85031 / 2007
E-mail                                                : benylg@ymail.com
Blog / Web                                      : bragy.wordpress.com
Jenjang pendidikan                     : Strata 1 (S1)
Anda mempunyai komputer   : Punya; laptop axioo pico
K

omputer merupakan suatu perangkat lunak yang sudah dikenal dikalangan masyarakat luas. Sekarang komputer bukan sesuatu yang harus dipertanyakan lagi, karna komputer sudah menjadi kebutuhan primer pada saat ini. Bagi kehidupan saya sebagai pengguna perangkat ini, menganggap komputer adalah kebutuhan yang sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan yang sedang saya jalani. Namun  yang sekarang saya gunakan cenderung berupa netbook yang praktis dan sangat mudah dibawa kemana saja. Intel Atom, dengan CPU N280 @1.66GHz dan RAM dengan kapasitas 0.99GB.

Pertama kali saya mengenal komputer saat duduk dikelas 6 SD. Pada saat itu yang dapat saya lakukan hanya mencari beberapa program game yang terdapat di dalam komputer kantor di ruang kerja Papa. Saya memang pencinta game jenis apapun, apa lagi adventure. Mulai mempelajari program office dikarnakan teman satu ruangan Papa menganjurkan saya untuk mengikuti kursus komputer. Tapi saat itu kehidupan keluarga masih biasa-biasa saja, Papa belum bisa membelikan seperangkat komputer pribadi untuk praktikum pembelajaran dirumah. Tapi Papa ingin anaknya bisa dan mampu menguasai office dan menggunakan komputer. Sampai sekarang kata-kata papa masih terdengar jelas di benak “Biarlah Papa yang seperti ini, tapi anak-anak papa harus bisa lebih dari papa” katanya sambil memberikan buku panduan penggunaan office 98.

Papa memang bukan lulusan luar negeri, Papa hanya lulusan SMK Muhammadyah Pekanbaru. Tapi dengan pengalaman kerjanya yang sudah tidak perlu dipertanyakana lagi, papa masih dipercaya untuk menangani beberapa proyek pembangunan di daerah asal saya. Loh?! Kok jadi nyeritain tentang papa ya?.

Sekian dulu cerita masa lalu. Dengan buku panduan pemberian papa, saya mulai mempelajari pengoperasian word 98 yg dulu sangat canggih buat saya. Teori demi teori saya cobakan di komputer kantor yang biasanya saya mainkan saat saya berkunjung ke kantor Papa. Akhirnya saya bisa tapi belum ahli. Seiring perkembangan zaman akhirnya saya mengikuti kursus di salah satu lembaga pendidikan dan lulus dengan hasil yang sangat memuaskan. (rada nyombong dikit)

Tapi yang saya kuasai hanyalah office 2003, sampai sekarang masih mengandalkan skill tersebut. Sekarang lagi mendalami office 2007, dan tujuan untuk menaklukkan program ini pun tertambat di hati. Saya sudah mempunyai pengalaman mengajar yang cukup unik. Dengan skill seadanya, saya mencoba untuk mengajar beberapa teman sebaya, adik sekitar rumah, dan menjadi mentor pengganti di lembaga pendidikan tempat saya kursus.

Pengertian autoCAD, perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. AutoCAD merupakan sebuah program yang biasa digunakan untuk tujuan tertentu dalam menggambar serta merancang dengan bantuan komputer dalam pembentukan model serta ukuran dua dan tiga dimensi atau lebih dikenali sebagai “Computer-aided drafting and design program” (CAD).

Di bidang teknik sipil perangkat ini sangat dibutuhkan, dalam pembngunan, dan perancangan. Selain menggambar struktur, dalam autoCAD juga dapat mengolah data lapangan hingga menghasilkan pemetaan kontur. Dan autoCAD juga memiliki beberapa persamaan aritmatik lainnya untuk memudahkan pengolahan data yang masih sukar untuk di selesaikan dengan cara manual atau perhitungan biasa dengan menggunankan kalkulator. Jadi teknik sipil sangat memerlukan perangkat tersebut dalam pelaksanaan proyek pembangunan, pengadaan sarana kota, dan pemetaan tata kota.

Pribadi saya sebagai pengguna yang telah mempelajari tapi belum mahir menggukan ini, sangat butuh pendalaman pembelajaran dari segi teknik cepat menggambar, pendalaman aplikasi, dan kegunaan dari kelebihan-kelebihan autoCAD lainnya. Dikarenakan dalam dunia pekerjaan mengolah data, penggambaran, dan analisis gambar kontur sangat memberikan jalan bagi impian yang selama ini saya inginkan. Suatu saat nanti saya akan mendirikan suatu perusahaan yang bergerak dalam pembangunan, seperti kontraktor atau konsultan. Dan akan menjadi kontaraktor yang sukses. Dan dari sekarang pembelajaran autoCAD  tersebut akan semakin saya perdalami, karna itu merupakan suatu bekal penting untuk terjun ke dunia kerja.